Peristiwa

Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kediri

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten Kediri menyambut bendera Pataka Lambang daerah Provinsi Jawa Timur “Jer Basuki Mawa Beya” di halaman Kantor Bupati Kediri, Kamis (22/9/2022).

Kirab Pataka menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, dengan estafet berurutan ke-38 seluruh Kabupaten/Kota se-Jatim.

Upacara serah terima Kirab Pataka sebelumnya dibawa dari Kota Batu kemudian diestafetkan menuju Kabupaten Kediri.

Acara diawali dengan penyerahan Bendera Pataka oleh Kasatpol PP Kota Batu kepada Bupati Kediri melalui Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kediri, Sukadi,SE.,MM., dan dilanjutkan dengan pembacaan Ripta Prasasti yang ditulis diatas daun lontar atau daun tal yang berisi amanat singkat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selanjutnya Plt. Kasatpol PP Kabupaten Kediri, Sunar Utomo,AP.,MM., menjelaskan bahwa Kirab Pataka merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77.

“Dalam rangkaian hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, Kabupaten Kediri menerima Kirab Pataka dari Kota Batu yang akan bermalam dulu di Kabupaten Kediri, besok pagi diantar ke Kota Kediri,” jelas Sunar.

“Kirab ini menjadi sarana menumbuhkan kebanggaan masyarakat kepada Provinsi Jawa Timur sehingga timbul rasa memiliki dan cinta yang mendorong kepedulian dan semangat berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan. Selain itu juga merupakan kegiatan yang sangat baik sekali untuk mempererat antar Kabupaten/Kota se Jawa Timur,” pungkas Sunar.

Untuk diketahui, selain Pataka Jer Basuki Mawa Beya, turut serta dalam kirab Bendera Merah Putih, Pataka Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka Satuan Linmas, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran atau Damkar (Yudha Brama Jaya) dan Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.(*/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button