Peristiwa

Cegah Luapan Air, PUPR Kota Kediri Lakukan Normalisasi Gorong Gorong

Kediri ,Gelar Fakta – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan genangan air yang kerap terjadi di beberapa kawasan ketika hujan deras turun. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri melaksanakan giat membersihkan gorong-gorong.

Seperti yang terlihat di Jalan Sersan Suharmaji Kelurahan Manisrenggo Kecamatan Kota Kediri, Senin (28/3), para petugas dari DPUPR Kota Kediri membersihkan gorong-gorong yang tersumbat oleh sampah.

Kabid Binamarga Dinas PUPR Kota Kediri, Made Permana, menjelaskan, pihaknya saat ini tengah mengupayakan normalisasi sejumlah saluran air, bilamana ada hujan terkadang menimbulkan genangan air di sekitar kawasan pemukiman penduduk.

Kendala yang dihadapi biasanya ditemukan sejumlah sampah dari masyarakat yang masuk ke dalam saluran gorong-gorong dan endapan pasir.

” Saat ini kami sedang melakukan pembersihan saluran air di sepanjang Jalan sersan Suharmadji di kelurahan Manisrenggo, sepanjang 200 meter untuk mengatasi genangan yang ada di depan Universitas Islam Kadiri (Uniska) bila turun hujan,” ujarnya, Senin (28/3/2022).

Pegawai Dinas yang akrab disapa Made menyampaikan, direncanakan kegiatan ini terlaksana selama Satu Minggu, dengan mengkaryakan 15 petugas di lapangan. Sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Kediri dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat.

Kegiatan serupa akan terus dilakukan khususnya di wilayah yang dianggap rawan banjir, agar saluran air yang melintas di drainase semakin lancar.

Terakhir, dirinya meminta kepada kesadaran masyarakat, agar tidak membuang sampah rumah tangga maupun sampah apa pun di saluran drainase.

” Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Kediri, agar membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah pada saluran air atau gorong-gorong, karena bisa menyebabkan banjir. Mari kita jaga lingkungan dengan cara kerja bhakti minimal 3 bulan sekali,” pungkasnya. (Yan).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button